Sabtu, 05 Agustus 2017

STP Sahid Jakarta (Your Gateway to be Professional into Tourism World)

Halo semuanya :)
Saya ingin berbagi cerita tentang kampus saya tercinta Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid dan sebagian dari pengalaman saya setelah bergabung di STP Sahid ,Jakarta.



Welcome to STP Sahid Jakarta



Visi = 
STP Sahid sebagai trend setter perguruan tinggi pariwisata yang unggul, berbudaya, dan religius untuk bersaing secara nasional dan international pada tahun 2020.


Misi = 
1.Menyelenggarakan pendidikan Vokasi dengan metode triple mode : On Campus, On line, On Work Place/ Work Based Learning.
2. Menyelenggarakan program lembaga sertifikasi profesi pihak Pertama STP Sahid (LSP of Pastry)
3. Menyelenggarakan pembelajaran dengan konsep international class.
4. Membentuk insan akademik yang menjunjung tinggi keluhuran dan budi pekerti, kearifan lokal dan budaya nasional dalam keberagaman budaya.
5. Menerapkan penelitian sebagai pusat pengembangan ilmu hospitality dan kepariwisataan.
6. Memberdayakan mahasiswa dalam peyaluran minat dan bakat melalui unit kegiatan mahasiswa.
7. Membentuk jiwa kepemimpinan dan kewirausahaan.
8. Memperluas akses dan equity melalui jejaring nasional dan internasional melalui pendayagunaan information and communication technology (ICT) sebagai media komunikasi dengan stakeholder.
9. Memperluas kerjasama dalam rangka meningkatkan brand melalui kerjasama dengan pihak industri, SMK dan pemerintahan.


STP Sahid Jakarta adalah insititusi tinggi swasta yang berfokus dalam "Tourism World" selama puluhan tahun sejak 1983 hingga saat ini. Nama dan kualitas STP Sahid telah diakui tidak hanya di Indonesia melainkan di beberapa negara luar di dunia. STP Sahid Jakarta memiliki dua jurusan, yaitu Management Perhotelan dan Management Pariwisata atau yang biasa disebut dengan UPW. Dengan kedua jurusan ini, STP Sahid membentuk calon-calon SDM di bidang Pariwisata hingga siap terjun ke dunia industri. Dan perlu diketahui bahwa seluruh lulusan STP Sahid telah memiliki sertifikat kompetensi dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Professi) yang diakui tidak hanya di Indonesai namun sampai ke kanca mancanegara.


SDM dari STP Sahid yang siap terjun ke Industri Pariwisata


Berdasarkan pengalaman yang saya jalani, sejak awal mendaftar di STP Sahid, mengikuti masa Orientasi didik (ORDIK) yang diadakan oleh BEM STP Sahid, mengikuti kegiatan belajar mengajar di kelas, bergabung dalam banyak seminar - seminar Pariwisata, dan juga menjalani masa magang, hal - hal tersebut di atas yang telah membentuk saya sampai pada saat ini. STP Sahid membantu saya bagaimana caranya menjadi seseorang yang percaya diri dan profesional, bagaimana cara kita berpenampilan bersih dan rapih (well grooming), cara melayani customer dengan baik, itu semua saya dapatkan di STP Sahid Jakarta.





Berkesempatan magang di Maskapai Bintang 5 (Garuda Indonesia)


Saya tidak pernah menduga bahwa saya yang awalnya memiliki sifat dan karakter yang pemalu dan kurang percaya diri, bisa bergabung di salah satu maskapai ***** yang tergabung dalam suatu aliansi "SKY Team" yaitu Garuda Indonesia. Sejak duduk di bangku SMK, mempunyai pengalaman di Garuda Indonesia itulah mimpi saya. Namun, saya bisa mencapai apa yang saya impikan setelah saya menjadi bagian dalam STP Sahid Jakarta.

Mahasiswi UPW STP Sahid di Garuda Indonesia Ticketing Office (Jan-Jul 2016)

Saya sangat merasakan banyak perubahan dalam diri saya :) Menjadi lebih percaya diri, melayani customer secara profesional dengan baik, mengutamakan kenyamanan customer, menjadi pribadi yang pemberani dan kuat dalam menghadapi setiap keluhan customer, melayani mereka dengan sabar dan penuh senyum :) Itu hal yang saya dapatkan selama saya terjun didunia industri pada masa training. Ini adalah bekal saya untuk terus maju dan melesat di dalam dunia pariwisata :)


Mengakhiri masa magang selama 6 bulan di GA (ticketing office)






Buat saya secara pribadi, STP Sahid Jakarta betul - betul menjembatani saya untuk menjadi pribadi yang tidak hanya siap untuk terjun ke Industri Pariwisata, namun STP Sahid juga telah membentuk karakter saya menjadi lebih bertanggung jawab dan berani di dalam situasi apapun. Masa magang yang saya tempuh sangat bermanfaat dan menjadi suatu pengalaman yang luar biasa dalam hidup saya. Karena penyertaan Tuhan dan pembinaan di STP Sahid saya mampu meraih Best-Trainee with result Very Good di Garuda Indonesia selama 6 bulan.

Saya sangat bersyukur, saya telah menjadi bagian dari STP Sahid Jakarta...

Master Chef (Program Darmasiswa) di STP Sahid

STP Sahid Jakarta sangat mengutamakan kualitas insan akademis, bergabung di STP Sahid adalah jalan terbaik untuk teman - teman semua bisa melihat dunia luar. Pengalaman - pengalaman magang di perusahaan - perusahaan ternama di Jakarta, di Indonesia bahkan sampai ke luar negeri.


Perhotelan (professional chef)
  
 Berikut alamat lengkap STP Sahid Jakarta :

Kampus TamanPuring (kampus I) = Jl.Gandaria III No.3 Kebayoran Baru {Jaksel}
Kampus Pusat STP Sahid (kampus II)  = Jl.Kemiri Raya No.22 Pondok Cabe-Pamulang{Tangsel}
Kampus Sudirman (kampus III) = Sahid Sudirman Residence Lt.5-Jl.Jend.Sudirman Kav.86 {Jakpus}


Siapapun kalian yang ingin bergabung dengan STP Sahid Jakarta just come and joint us :)
(Gak usah khawatir bagi kalian yang asalnya bukan dari SMK Pariwisata/Perhotelan) 
Di STP Sahid Jakarta kalian akan mendapatkan peluang yang besar serta bimbingan yang matang untuk siap terjun ke Industri Pariwisata.

Program - program yang di design dengan cermat membuat STP Sahid menjadi "The Real Institute of Tourism"
  •  D1 Perhotelan/Pariwisata = Program Diploma I dirancang khusus untuk melayani kebutuhan para mahasiswa yang ingin cepat berkarya dengan memperoleh sebutan Ahli Pratama Pariwisata (AP.Par), dengan Jumlah sks keseluruhan 40-44 sks yang ditargetkan kelulusan dalam 1 (satu) tahun, dengan proses belajar mengajar 6 (enam) bulan di kampus dan 6 (enam) bulan di industri terkait. 
  •  D3 Perhotelan/Pariwisata = 
    Program Diploma III dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan industri berbasis pada kemampuan skill dengan standar kompetensi seluruh bidang operasional Perhotelan dan bidang Usaha Perjalanan Wisata. Para lulusan program ini  akan memperoleh sebutan profesional Ahli Madya Pariwisata (A.Md-Par).
  • D4 Perhotelan/Pariwisata  = Program Diploma 4  dirancang khusus untuk mempersiapkan tenaga-tenaga profesional konseptual pariwisata yang mampu memadukan antara kemampuan skill dan penguasaan manajemen yang berbasis standar kompetensi untuk bidang Operasional Perhotelan dan Usaha Perjalanan Wisata. Para lulusan program D4 akan memperoleh gelar Sarjana Sains Terapan Pariwisata (S.Tr.Par).
  • Program Beasiswa Unggulan (PBU) =
    Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid (STP SAHID) membuka Program Beasiswa Unggulan  KEMENDIKNAS, bekerjasama dengan Biro Perencanaan –  Kejasama Luar Negeri  Kemendiknas  angkatan ke-7. Beasiswa ini diberikan kepada para siswa/I setingkat SLTA (SMA/SMK/MA) seluruh Indonesia yang memiliki prestasi akademik dan non akademik (Seni, Olahraga, Budaya, dll) selama 4 tahun pada program Sarjana Sains Teapan (S.ST) baik jurusan Perhotelan maupun jurusan Tour & Travel.
    Para penerima beasiswa ini juga akan mendapatkan prioritas melanjutkan pendidikan mereka dengan mengikuti program DOUBLE DEGREE dengan ESTHUA – Universite d’ Anger di Prancis.
  •  Program Darmasiswa =  Program Scholarship sekama 1 tahun tanpa gelar yang diikuti oleh para mahasiswa/i asing dari lebih dari 75 negara di dunia yang memiliki hubungan diplomatik dengan Indonesia. Program ini bertujuan untuk para mahasiswa asing mempelajari "all about Indonesia" termasuk bahasa, pariwisata dan budaya Indoensia di STP Sahid, kalian akan mendapatkan kesempatan untuk memepelajari (Indonesian Gastronomy).
 



Program Tamasia (Thailand , Malaysia, Singapour) Travel Management

Di setiap akhir tahun ajaran mahasiswa Tour and Travel Management melakukan kegiatan Tour 3 Negara, kegiatan tour ini merupakan aplikasi perkuliahan Pengelolaan Destinasi Wisata, Perencanaan Perjalanan Wisata, Tour Handling dengan mengunjungi negara ASEAN (Thailand, Malaysia dan Singapura). Tujuan dari kegiatan ini yaitu Mahasiswa mampu membuat paket wisata luar negeri,  mengetahui objek wisata serta budaya yang ada di negara tersebut, meningkatkan kepercayaan diri untuk dapat bersaing di dunia pariwisata serta dapat menjadi tenaga professional di bidang pariwisata khususnya Tour Guide.

 
Suasana sekitar (kampus II) STP Sahid 












Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid bekerjasama dengan kampus di Luar Negeri untuk program Double Degree, alumni dari STP Sahid dapat mendapatkan dua gelar dari Indonesia dan gelar dari luar negeri. Adapun kerjasama double degree STP Sahid antara lain dengan :
  • Prancis (University of Angers). Melalui program ini, mahasiswa akan studi di STP Sahid selama 6 semester dan 2 semester di University of Angers. Selama di Prancis mahasiswa akan belajar di kelas internasional selama 5 bulan dan selanjutnya akan mendapatkan kesempatan untuk magang selama 3 hingga 6 bulan di negara Uni Eropa.
.
Mahasiswi Peserta Double Degree STP Sahid (di Prancis)






  • Jepang (Toho International College)

Japan International Program adalah kerjasama antara STP Sahid dengan  Toho International College, Tokyo, Japan. Kerjasama ini memberikan kesempatan untuk mahasiswa/i STP Sahid yang ingin mengetahui dan mempelajari bahasa , pariwisata dan budaya serta hal lain mengenai Jepang. Program ini juga sangat mendukung para mahasiswa/i yang ingin mencari pengalaman magang / bekerja secara profesional di Jepang dengan penghasulan yangluar biasa.

Mahasiswa Double Degree STP Sahid (di Jepang)








Nahhh... selain kita mendapatkan gelar di Indonesia, kita juga bisa mendapatkan gelar International dari program Double Degree ini. Tidak hanya degree, akan ada banyak hal yang bisa kita dapatkan memlalui program ini, kesempatan bekerja di luar negeri, tinggal di luar negeri selama program berjalan 1 sampai 2 tahun.


Sekian informasi mengenai kampus saya dan pengalaman saya, semoga artikel ini bermanfaat bagi teman - teman yang membaca. Dan apabila teman- teman ingin mengetahui lebih tentang hal- hal terkait STP Sahid, teman - teman bisa langsung mengunjungi web resmi STP Sahid Jakarta www.stpsahid.ac.id atau menghubunngi : +62 21 740 23 29


Terima kasih...   :)

 





56 komentar:

  1. Kalau magang di luar negeri apakah bisa? Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jelas bisa ☺ sudah bnyak yang magang ke Malaysia, Thailand, Singapore, bahkan Australia. Ke beberapa wilayah touristique di Indo juga bisa.. seperti Bali dll

      Hapus
  2. Stp sahid ternyata keren ya👍

    BalasHapus
  3. Waaah sangat informatif sekali, makasih buat infonya

    BalasHapus
  4. Gileee.. tau gitu gw ambil pariwisata yee.. nyesel jdnya ambil akuntansi ��������

    BalasHapus
  5. Ih jadi mau masuk pariwisata deh kayaknya enak, dari pada manajemen agak bosen huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya ka jangan suka pilih yg ngebosenin. Nanti kedepannya jadi ga enak

      Hapus
  6. makasih atas informasinya.. sangat membantu

    BalasHapus
  7. Wah pernah jadi best trainee ya sukses terus ke depannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih :)
      Semua berkat campur tangan Tuhan dan pembinaan dari STP Sahid :)

      Hapus
  8. Saya juga mau ah double degree. Ada solusinya ga untuk masalah finansial? Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selalu ada solusi di STP Sahid :) untuk Program Double Degree STP Sahid , biaya nya bisa dicicil :)

      Anda bisa langsung menghubungi : 082113518911 (WA)
      fb: Stephen D. Lim
      phone : 082113346671

      Terima kasih :)

      Hapus
  9. Program terkeceeee Sahid : Progrma Double Degree ke Prancis! Yuk daftar mentemennn

    BalasHapus
  10. wah jadi berminat program double degree di STP Sahid ���� keren keren pengalaman nya, dishare terus ya sis :)

    BalasHapus
  11. wah jadi berminat program double degree di STP Sahid ���� keren keren pengalaman nya, dishare terus ya sis :)

    BalasHapus
  12. Syarat double degree apa aja ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. For Double Degree Program (France) Requirements : you are Student of STP Sahid,CV, Copy Passport,Transcript, Motivation letter min.1000 words in English. (untuk biaya bisa dicicil)

      Untuk yangProgram International Jepang STP Sahid dibuka untuk (umum).

      Anda bisa langsung menghubungi : 082113518911 (WA)
      fb: Stephen D. Lim
      phone : 082113346671

      Terima kasih :)

      Hapus
    2. Apa saja persyaratan D4 dan beasiswa ke luar negeri?
      Apakah bahasa Inggris merupakan bahasa utama yg wajib di gunakan di STP Sahid?
      Dapat magang di perusahaan apa saja?

      Hapus
    3. Untuk persyaratan beasiswa,

      Anda bisa langsung menghubungi : 082113518911 (WA)
      fb: Stephen D. Lim
      phone : 082113346671

      Tentu saja B.Inggris sangat di utamakan.
      namun dalam kegiatan di kelas terdapat pembelajaran B.Indonesia, B.Inggris dan beberapa bahasa asing lainnya , seperti bahasa Jepang dan bahasa Prancis. Tujuannya untuk mempersiapkan insan akademik yang berkualitas untuk bersaing di kanca nasional dan internasional.

      Untuk magang, sudah banyak yang magang di Hotel -hotel ***** di Jakarta, Bali, bahkan di luar negeri (untuk major Perhotelan)

      Di Kementrian Pariwisata, Maskapai ***** di Indonesia (GA),travel - travel ternama (Panorama Tour dll) , Angkasa Pura. Baik di Jakarta maupun luar jakarta (untuk major Pariwisata)


      Terima kasih :)

      Hapus
  13. Wah seru bgt kayaknya.. Mau dong info lg

    BalasHapus
  14. Terima kasih atas informasinya. Tp ada yg mau ditanyakan.


    Apakah ada kelas untuk karyawan di STP Sahid?

    Untuk kesempatan magang.
    Apakah kita harus cari sendiri atau disalurkan dari STP Sahid?

    BalasHapus
  15. Terima kasih atas informasinya. Tp ada yg mau ditanyakan.


    Apakah ada kelas untuk karyawan di STP Sahid?

    Untuk kesempatan magang.
    Apakah kita harus cari sendiri atau disalurkan dari STP Sahid?

    BalasHapus
    Balasan
    1. STP Sahid ada kelas karyawan juga yg namanya executive class, kampusnya ada di Sahid Sudirman Residence lt 5 utk Program Studi Diploma IV Perhotelan dan Usaha Perjalanan Wisata.

      Tentunya STP Sahid sangat bertanggung jawab untuk selalu membantu menyalurkan mahasiswa/mahasiswi ke berbagai perusahaan terbaik {hotel- hotel *****di Indonesia maupun di Asia/Eropa/Australia, kementrian pariwisata , travel2 ternama di jakarta bahkan di luar jakarta, Event Organizer ternama , untuk menjalani program magang.

      Hapus
  16. Recommended!!������

    BalasHapus
  17. Wah STP SAHID keren keren. Ada pro2gram "DOBLE DEGREE" ke Luar Negeri...jadi mau ikutan programnya. Sukses terus buat STP SAHID.

    BalasHapus
  18. Wow seru banget bisa double degree ke prancis !


    Tapi apakah diwajibkan bisa berbahasa prancis untuk mengikuti double degree program france?


    Sukses terus untuk STP sahid 👍🏽

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentu saja, untuk program DD ke Prancis, biaya program sudah termasuk biaya pendidikan Bahasa Prancis di Institut Francais Indonesia selama 6 bulan sebelum keberangkatan. Tujuannya untuk memastikan bahwa kandidat mampu berbahasa Prancis dengan baik.

      Terima kasih :)

      Hapus
  19. Bagus sekali kak, apakah STP Sahid membuka kelas karyawan juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, STP Sahid ada kelas karyawan juga yg namanya executive class, kampusnya ada di Sahid Sudirman Residence lt 5 utk Program Studi Diploma IV Perhotelan dan Usaha Perjalanan Wisata. Dan yang kerennya lagi seluruh lulusan STP Sahid telah memiliki sertifikat kompetensi dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Professi) yang diakui tidak hanya di indonesi tp dimancanegara. Karena saat ini kan seluruh pelaku industri pariwisata wajib memiliki sertifikat kompetensi sesuai aturan pemerintah. Mhswa STP Sahid sudahh punyaaa dongg....hee�� Kalau info lebih lanjut kls executive bisa hub Ibu Ritasari

      Hapus
  20. Makasih ya infonya. Oh iya, apakah sahid ada jalur beasiswa untuk mahasiswa baru? Kalau ada persyaratannya apa aja kak?

    BalasHapus
    Balasan


    1. Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid (STP SAHID) membuka Program Beasiswa Unggulan KEMENDIKNAS, bekerjasama dengan Biro Perencanaan – Kejasama Luar Negeri Kemendiknas. Beasiswa ini diberikan kepada para siswa/I setingkat SLTA (SMA/SMK/MA) seluruh Indonesia yang memiliki prestasi akademik dan non akademik (Seni, Olahraga, Budaya, dll) selama 4 tahun pada program Sarjana Sains Teapan (S.ST) baik jurusan Perhotelan maupun jurusan Tour & Travel.

      Para penerima beasiswa ini juga akan mendapatkan prioritas melanjutkan pendidikan mereka dengan mengikuti program DOUBLE DEGREE dengan ESTHUA – Universite d’ Anger di Prancis.

      Untuk informasi lebih lanjut dapat men DOWNLOAD brosur pada website www.stpsahid.ac.id atau menghubungi HUMAS STP Sahid di 021.7402329 ext 24 dengan Sdri. Retno Pratiwi. (stpsahid.ac.id)

      Terima kasih :)

      Hapus
  21. Wah bagus jg y ssya tertarik ingin belajar chef di sahid. Oh ya apakah ad batasan umur atau batasan batasan yg lain?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Just come and joint us :)

      Tidak ada batasan maksimal untuk belajar di STP Sahid. Bahkan banyak banget para GM yang masih mau menuntut ilmu di STP Sahid.

      Hanya ada batasan minimal, yaitu sudah menyelesaikan pendidikan di jenjang SLTA/SMK/setingkatnya.

      Terima kasih :)

      Hapus
  22. Infonya lengkap yaa. Great! Sukses terud STP Sahid!

    BalasHapus
  23. Wah bikin banyak pengalaman ya stp sahid. Mantab!

    BalasHapus
  24. Wahh keren... kira" ada kerjasama dengan kementerian atau dinasbpemeintah pariwisata gak ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentu nya ada, sudah banyak sekali mahasiswa/i STP Sahid yang awalnya mendapatkan kesempatan magang di Kementrian Pariwisata dan bekerja di KemenPar.

      Hapus
  25. Berapa lama saat nanti sudah di perancis ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selama di Prancis mahasiswa akan belajar di kelas internasional selama 5 bulan dan selanjutnya akan mendapatkan kesempatan untuk magang selama 3 hingga 6 bulan di negara Uni Eropa.

      Hapus
  26. Kak mw tanya donk , Apakah nanti setelah lulus dari Stp Sahid kita dibantu untuk mendapatkan pekerjaan ? misalnYa kita diperkenalkan oleh salah satu travel agent untuk jurusan UPwnya kak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentu saja,

      Selain itu,kita juga memiliki Ikatan Alumni (IKA Sahid). Tidak sedikit dari mereka para alumni yang telah sukses tetap akan berbagi informasi mengenai info/lowongan pekerjaan.

      So, ga perlu khawatir :)

      Hapus
  27. Kak Mw tanya donk , Apakah setelah kita lulus Stp Sahid dapat membantu kita untuk mendapatkan pekerjan dibidang travel untuk jurusan Upwy ?

    BalasHapus
  28. Stp sahid termasuk tourism school terbaik di jakarta, ada kan program studi banding ke sekolah pariwisata di luar daerah jakarta? Supaya bisa sharing2 program dan pengalaman.

    Salam womderfull indonesia

    BalasHapus
  29. Stp sahid, is the best tourism school in jakarta, Adakah program study banding ke kampus pariwisata lain di luar daerah jakarta untuk sharing program dan pengalaman??

    Salam wonderfull indonesia

    BalasHapus
  30. Marco Pattipeiluhu9 Agustus 2017 pukul 20.07

    STP Sahid Recomended untuk anak muda jaman skg. Good choise for study!

    BalasHapus
  31. Wahh rekomen banget nihh buat ade gue yang lagi bingung cari kuliah berkualitas

    BalasHapus
  32. Grateful if you could give the information how can we got study abroad? is it TOEFL certificate important to be terms? Thank you.

    BalasHapus
  33. My pleasure Ms.Listia :)

    students should have minimum GPA of 3,50 and has been working or doing internship for minimum 6 months.these are several documents to collect:
    European Standard CV
    Motivation Letter
    Copy of Family Certificate
    Copy of ID Card/passport
    TOEFL Certificate (>550)

    So, yes TOEFL certificate is important.

    :)Thank you


    BalasHapus

STP Sahid Jakarta (Your Gateway to be Professional into Tourism World)

Halo semuanya :) Saya ingin berbagi cerita tentang kampus saya tercinta Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid dan sebagian dari pengalaman saya s...